RPP Bahasa Jawa tembang gambuh

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : SMK Karya Nugraha boyolali
Kompetensi Keahlian        : TKR/TSM/TBO
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                    : XI/ Gasal
Materi Pokok                       : Tembang Gambuh
Pertemuan Ke                      : 1,2,3
Alokasi waktu                     : 3 pertemuan x 2 jam pelajaran


A.       Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar
1.1     Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1   Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.                             

4.1      Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang Gambuh dengan bahasa sendiri.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1     Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator :
1.1.1           Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.2           Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.3           Menghayati teks serat Wedhatama pupuh Gambuh
1.1.4           Mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.

Indikator :
2.1.1           Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.2           Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.3           Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.4           Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.5           Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.6           Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1    Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator:                                                                     

3.1.1           Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3.1.2           Menganalisis pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3.1.3           Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang Gambuh dengan bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memproduksi  syair tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting  syair tembang Gambuh karya teman.
4.1.4 Menyajikan tembang Gambuh lisan maupun tulisan.

D.       Materi Pembelajaran
Pangertene tembang Gambuh
Gambuh iku tambuh, embuh, kambuh, jumbuh lan tembung kang awanda mbuh. Tegese Lanteh. Anggitane Natapraja. Kacarita mula bukane tembang iki lelagon gandarwa (raseksa) ing jaman Mataram. Digunakake kanggo menehi ngelmu kang kukuh bakuh (tegas/galak).

Pathokan tembang Gambuh
GAMBUH
Guru wilangan
Guru lagu
Guru gatra
7
u
5
10
u
12
i
8
u
8
o

Watak tembang Gambuh
Watake tembang Gambuh iku supeketing kakluwargan/akrab, sumadulur. Ngandharake tantangan kang kereng. Cocok kanggo ngandharake bab-bab asipat paseduluran, pitutur, piwulang, kekarepan.

Makna tembang Gambuh
Miturut maknane, tembang Gambuh iku nggambarake watak pawongan kang ngancik dewasa utawa pribadii kang sansaya dewasa, mula isa njumbuhake kabutuhan lair lan batin, kluwarga lan masarakat, pribadi karo Gusti. Tembang iki menehi pitutur, anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen lumrahe piyayi sepuh tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur marang anak putu, patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan ora bot sisih. Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih asuh marang sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning kluwarga kang saya abot lan maneka warna.

Tuladha tembang Gambuh
3
5
5
5
5
3
j56





sa-
mêng-
ko
ing-
sun
tu-
tur





6
5
3
2
2
3
5
5
3
j56


sêm-
Bah
ca-
Tur
su-
pa-
ya
lu-
mun-
tur


3
2
y
j12
2
2
2
2
3
1
y
t
dhi-
Ngin
ra-
Ga
cip-
ta
ji-
wa
ra-
sa
ka-
ki
1
2
2
2
3
1
2
3




Ing
ko-
no
la-
mun
kê-
tê-
mu




3
5
6
5
3
j23
1
2




tan-
Dha
nu-
gra-
ha-
ning
Ma-
non





E.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         membaca contoh teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·         mempertanyakan unsurunsur pembangun Serat
Mengumpulkan informasi
·         menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengasosiasi
·         menyunting kesalahan syair tembang Gambuh tulisan teman
Mengkomunikasikan
·         menyajikan secara lisan atau tulisan tembang Gambuh yang ditulis.

60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Gambuh yang meliputi watak, guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
20 menit

Pertemuan Ke 2 (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Gambuh
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Gambuh)  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (Karakteristik tembang Gambuh)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Apersepsi dan motivasi
·         Contoh teks tembang Gambuh baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         mencermati uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·         membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·         menulis tembang Gambuh
Mengasosiasi
·         menganalisis unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
·         memberi tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
60 menit




Penutup
·         Tanya jawab mengenai unsur karakteristik tembang Gambuh meliputi guru gatra, guru wilangan dan guru lagu.
·         Bersama siswa menyimpulkan karakteristik tembang Gambuh.

20 menit

Pertemuan ke 3 (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Kegiatan awal
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Tanya jawab tentang karakteristik tembang Gambuh.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik tembang Gambuh) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Apersepsi dan motivasi

10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         membaca contoh teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·         membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·         menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengasosiasi
·         mendiskusikan relevansi nilai-nilai yang terdapat pada Serat Wedhatama pupuh Gambuh dengan kondisi masyarakat saat ini
Mengkomunikasikan
·         memberi tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
60 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur tembang Gambuh.
·         Memberi tugas kepada siswa untuk mendengarkan tembang Gambuh dan berlatih nembang.

20 menit

F.       Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

1.       Teknik Penilaian
A.      Sikap : observasi, penilaian diri, antar teman, jurnal
B.      Pengetahuan : tertulis, tugas
C.      Ketrampilan : praktek
2.       Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5 peserta didik lainnya.
Jurnal
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.

Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Siswa/ Kelompok
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















dst

















Keterangan:
4    =    jika empat indikator terlihat.
3    =    jika tiga indikator terlihat.
2    =    jika dua indikator terlihat.
1    =    jika satu indikator terlihat.

Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.   Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.       Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.       Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.       Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.       Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a        Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b        Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c         Mengajukan usul pemecahan masalah
d        Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.       Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.       Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.       Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.       Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap diatas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik      : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                   : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup               : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang              : apabila memperoleh nilai akhir 1

Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Memahami  watak tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1
2
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Gambuh lisan maupun tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
2
3
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Menganalisis  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menganalisis  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3
4
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4
5
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Gambuhlisan maupun  tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Gambuhlisan maupun  tulisan.
5

Tes Penilaian Pengetahuan

  1. Sebutna kepiye watake tembang Gambuh!

  1. Kepiye guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune tembang Gambuh?

  1. Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca?

  1. Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
  1. Apa sliramu/siswa setuju karo pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca?

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.         Watake tembang Gambuh iku sumanak, sumadulur.
2.         Tembang Gambuh kadadean saka 5 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 7u, 10u, 12i, 8u, 8o
3.         Tembang iki menehi pitutur, anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen lumrahe piyayi sepuh tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur marang anak putu, patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan ora bot sisih. Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih asuh marang sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning kluwarga kang saya abot lan maneka warna. Pitutur luhur ing tembang Gambuh isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
4.         Pitutur luhur ingkang wonten Tembang Gambuh tasih jumbuh menawi dipuncakaken ing jaman samenika.
5.         (Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Gambuh, redaksi bahasa siswa).


Norma penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah soal x skor benar x 2
5 + 10 x 2  = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.       Praktek tembang dalam teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
                Rubrik Keterampilan tembang dalam teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
No.
Nama Siswa
Ketepatan syair
Notasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1.









2.









dst









Keterangan :
4 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
3 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan notasi yang tepat.
2 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair yang tepat.
1 = jika kurang mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
               



Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.       Jika jumlah siswa yang tuntas   < 60% maka dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial individual
b.       Siswa dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan materi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
G.       Media/alat, Bahan, dan sumber belajar
1.       Media/alat
·         Internet
·         Teks naskah tembang
2.       Bahan
·         LCD, Tape recorder, laptop
·         Teks tembang Gambuh
·         Buku, koran, majalah, dan kliping tentang tembang Gambuh, dll.
3.       Sumber Belajar
·         Widaryatmo, Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid 1. Jakarta: Erlangga
·         Sasangka, Sry Satriya TW. 2011. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta: Paramalingua
·         Darminto, dkk. 2010. Kamus Besar Bausastra Jawa. Jakarta: Kharisma
·         Sutardjo, Imam. 2011. Tembang Jawa (Macapat). Solo: Bukutujju






Boyolali,   Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                                       Guru Mapel Bahasa Jawa,




Sarbiyanto, S.Pd                                                                                     Bisri Nuryadi, S.Pd





































Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "RPP Bahasa Jawa tembang gambuh "

Top 10 Casinos Near Harrah's Philadelphia - Mapyro
Find 울산광역 출장샵 Casinos 서산 출장마사지 Near 의왕 출장마사지 Harrah's Philadelphia in Chester, PA and other 전주 출장샵 Ameristar Casinos in Chester. See 제주도 출장마사지 map.

Back To Top