RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Karya Nugraha boyolali
Kompetensi Keahlian : TKR/TSM/TBO
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XI/
Gasal
Materi Pokok : Tembang Gambuh
Pertemuan
Ke :
1,2,3
Alokasi waktu : 3
pertemuan x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3:
Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1
Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
|
4.1
Menanggapi
isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang
Gambuh dengan bahasa sendiri.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1 Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh
Gambuh.
Indikator :
1.1.1
Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.2
Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.3
Menghayati teks serat Wedhatama pupuh Gambuh
1.1.4
Mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator :
2.1.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.3
Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.4
Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.5
Santun dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.6
Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1 Menelaah teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator:
|
|
3.1.1
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3.1.2
Menganalisis pitutur
luhur tembang
Gambuh lisan
maupun tulisan.
3.1.3
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama
pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang Gambuh dengan
bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1.2 Memproduksi syair tembang
Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting syair tembang
Gambuh karya teman.
4.1.4 Menyajikan tembang Gambuh lisan
maupun tulisan.
D.
Materi Pembelajaran
Pangertene
tembang Gambuh
Gambuh
iku tambuh, embuh, kambuh, jumbuh lan
tembung kang awanda mbuh. Tegese Lanteh. Anggitane Natapraja. Kacarita
mula bukane tembang iki lelagon gandarwa (raseksa) ing jaman Mataram.
Digunakake kanggo menehi ngelmu kang kukuh bakuh (tegas/galak).
Pathokan
tembang Gambuh
GAMBUH
|
||
Guru wilangan
|
Guru
lagu
|
Guru
gatra
|
7
|
u
|
5
|
10
|
u
|
|
12
|
i
|
|
8
|
u
|
|
8
|
o
|
Watak tembang Gambuh
Watake
tembang Gambuh iku supeketing kakluwargan/akrab, sumadulur. Ngandharake
tantangan kang kereng. Cocok kanggo ngandharake bab-bab asipat paseduluran,
pitutur, piwulang, kekarepan.
Makna tembang Gambuh
Miturut
maknane, tembang Gambuh iku nggambarake watak pawongan kang ngancik dewasa utawa
pribadii kang sansaya dewasa, mula isa njumbuhake kabutuhan lair lan batin,
kluwarga lan masarakat, pribadi karo Gusti. Tembang iki menehi pitutur,
anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen lumrahe piyayi sepuh
tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur marang anak putu,
patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan ora bot sisih.
Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih asuh marang
sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning kluwarga kang saya
abot lan maneka warna.
Tuladha tembang Gambuh
3
|
5
|
5
|
5
|
5
|
3
|
j56
|
|
|
|
|
|
sa-
|
mêng-
|
ko
|
ing-
|
sun
|
tu-
|
tur
|
|
|
|
|
|
6
|
5
|
3
|
2
|
2
|
3
|
5
|
5
|
3
|
j56
|
|
|
sêm-
|
Bah
|
ca-
|
Tur
|
su-
|
pa-
|
ya
|
lu-
|
mun-
|
tur
|
|
|
3
|
2
|
y
|
j12
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
1
|
y
|
t
|
dhi-
|
Ngin
|
ra-
|
Ga
|
cip-
|
ta
|
ji-
|
wa
|
ra-
|
sa
|
ka-
|
ki
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
Ing
|
ko-
|
no
|
la-
|
mun
|
kê-
|
tê-
|
mu
|
|
|
|
|
3
|
5
|
6
|
5
|
3
|
j23
|
1
|
2
|
|
|
|
|
tan-
|
Dha
|
nu-
|
gra-
|
ha-
|
ning
|
Ma-
|
non
|
|
|
|
|
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
membaca
contoh
teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·
mempertanyakan
unsurunsur
pembangun Serat
Mengumpulkan informasi
·
menemukan
nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh
Gambuh
Mengasosiasi
·
menyunting
kesalahan syair tembang Gambuh tulisan teman
Mengkomunikasikan
·
menyajikan
secara lisan atau tulisan tembang Gambuh yang ditulis.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Bersama
siswa menyimpulkan karakteristik tembang Gambuh yang
meliputi watak, guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
·
Bersama siswa menyimpulkan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
20 menit
|
Pertemuan
Ke 2 (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Gambuh
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya (karakteristik tembang
Gambuh) dengan pembelajaran yang
akan dilaksanakan (Karakteristik tembang
Gambuh)
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi dan
motivasi
·
Contoh teks tembang
Gambuh baru digunakan sebagai
stimulan dengan pertanyaan untuk memasuki kegiatan Inti
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengamati
·
mencermati uraian yang berkaitan dengan guru
gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama
pupuh Gambuh
Menanya
·
membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama
pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·
menulis
tembang Gambuh
Mengasosiasi
·
menganalisis unsur-unsur pembangun
Mengkomunikasikan
·
memberi
tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Tanya jawab mengenai unsur karakteristik tembang Gambuh
meliputi guru gatra, guru wilangan dan guru lagu.
·
Bersama
siswa menyimpulkan karakteristik tembang Gambuh.
|
20 menit
|
Pertemuan
ke 3 (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa
merespon salam dan mengondisikan kelas
·
Tanya jawab
tentang karakteristik tembang Gambuh.
·
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik
tembang Gambuh) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi
dan motivasi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
membaca
contoh teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·
membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·
menemukan
nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama
pupuh Gambuh
Mengasosiasi
·
mendiskusikan
relevansi nilai-nilai yang terdapat pada Serat Wedhatama pupuh Gambuh
dengan kondisi masyarakat saat ini
Mengkomunikasikan
·
memberi
tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik
antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur tembang Gambuh.
·
Memberi tugas kepada siswa untuk mendengarkan tembang Gambuh
dan berlatih nembang.
|
20 menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
A. Sikap : observasi, penilaian
diri, antar teman, jurnal
B. Pengetahuan : tertulis, tugas
C. Ketrampilan : praktek
2.
Instrumen
Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian diri
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester
|
Penilaian antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5
peserta didik lainnya.
|
Jurnal
|
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan
peserta didik
|
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang
tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
|
Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = jika
empat indikator terlihat.
3 = jika
tiga indikator terlihat.
2 = jika
dua indikator terlihat.
1 = jika
satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.
Tertib mengikuti instruksi
b.
Mengerjakan tugas tepat waktu
c.
Tidak melakukan kegiatan yang tidak
diminta
d.
Tidak membuat kondisi kelas menjadi
tidak kondusif
Jujur
a. Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b. Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
c. Tidak
menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d. Mencantumkan
sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b
Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul pemecahan masalah
d
Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a. Berinteraksi
dengan teman secara ramah
b. Berkomunikasi
dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c. Menggunakan
bahasa tubuh yang bersahabat
d. Berperilaku
sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari
keempat aspek sikap diatas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang :
apabila memperoleh nilai akhir 1
Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Memahami watak tembang
Gambuh lisan
maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menelaah teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
|
1
|
2
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang
Gambuh lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa
dapat Mengidentifikasi struktur dan
kaidah tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
2
|
3
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Menganalisis pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menganalisis pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
3
|
4
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang
Gambuh
lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang
Gambuh
lisan maupun tulisan.
|
4
|
5
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuhlisan maupun
tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuhlisan maupun
tulisan.
|
5
|
Tes
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan
menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.
Watake tembang Gambuh iku sumanak, sumadulur.
2.
Tembang Gambuh kadadean saka 5 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 7u, 10u, 12i, 8u, 8o
3.
Tembang iki
menehi pitutur, anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen
lumrahe piyayi sepuh tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur
marang anak putu, patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan
ora bot sisih. Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih
asuh marang sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning
kluwarga kang saya abot lan maneka warna. Pitutur luhur ing
tembang Gambuh isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
4.
Pitutur luhur ingkang wonten Tembang Gambuh tasih jumbuh menawi
dipuncakaken ing jaman samenika.
5.
(Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Gambuh, redaksi
bahasa siswa).
Norma
penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah
soal x skor benar x 2
5 + 10 x
2 = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.
Praktek tembang dalam teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
Rubrik Keterampilan tembang
dalam teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
No.
|
Nama
Siswa
|
Ketepatan
syair
|
Notasi
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
4
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
3
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan notasi yang tepat.
2
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan Ketepatan syair yang tepat.
1
= jika kurang mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan
syair dan notasi dengan tepat.
Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.
Jika
jumlah siswa yang tuntas < 60% maka
dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial
individual
b. Siswa dengan nilai Sangat Baik,
dilaksanakan pengayaan materi teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
G.
Media/alat,
Bahan, dan sumber belajar
1. Media/alat
·
Internet
·
Teks naskah tembang
2. Bahan
·
LCD, Tape recorder, laptop
·
Teks tembang Gambuh
·
Buku, koran, majalah,
dan kliping tentang tembang
Gambuh, dll.
3. Sumber Belajar
·
Widaryatmo,
Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid 1. Jakarta: Erlangga
·
Sasangka,
Sry Satriya TW. 2011. Paramasastra
Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta:
Paramalingua
·
Darminto,
dkk. 2010. Kamus Besar Bausastra
Jawa. Jakarta:
Kharisma
·
Sutardjo,
Imam. 2011. Tembang Jawa (Macapat). Solo:
Bukutujju
Boyolali, Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah
Guru Mapel Bahasa Jawa,
Sarbiyanto, S.Pd Bisri
Nuryadi, S.Pd
1 Komentar untuk "RPP Bahasa Jawa tembang gambuh "
Top 10 Casinos Near Harrah's Philadelphia - Mapyro
Find 울산광역 출장샵 Casinos 서산 출장마사지 Near 의왕 출장마사지 Harrah's Philadelphia in Chester, PA and other 전주 출장샵 Ameristar Casinos in Chester. See 제주도 출장마사지 map.