Lanjutan RPP Crita Cekak
Bagian sebelumnya, Klik Di Sini
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Penilaian jurnal
b. Kompetensi Pengetahuan:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c. Kompetensi Keterampilan:
·
Tes praktik,
·
Projek, dan
·
Portofolio.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
Rubrik Instrumen
Lembar Observasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Program : X / MIA-IIS-IIB
Kompetensi : Sikap
Materi : Crita Cerkak
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Pribadi
|
Sikap
Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1
|
Aqila
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2
|
Arifah
|
||||||||
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
baik
3. Baik
2. cukup
1. Kurang
Peniaian Diri
Contoh Format
Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah dengan teman
|
Hormat pada
orang tua
|
Kejujuran
|
Menepati janji
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
Penilaian Antar Teman
Penilaian Jurnal
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Memahami
ciri-ciri crita cerkak lisan maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Apa kang diarani crita cerkak lan Sebutna kepiye ciri-ciri crita
cerkak kang kowaca!
|
Mengidentifikasi struktur dan kaidah crita cerkak lisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Kepiye struktur isi crita cerkak kang
kowaca?
|
Menganalisis unsur-unsur
crita cerkak lisan maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Unsur instrinsik apa wae kang
kotemokake ana ing crita cerkak kang kowaca? Njlentrehna!
|
Mengevaluasi relevansi dengan
masa kini tema dan
amanat crita cerkak lisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tulis
|
Uraian
|
Tema lan amanat apa kang
kotemokake ing crita cerkak kang kowaca apa isih jumbuh yen
dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
|
Menginterpretasi tema dan
amanat crita cerkak lisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Apa sliramu/siswa setuju karo amanat kang kotemokake ing crita cerkak kang kowaca?
|
Memroduksi sinopsis
crita cerkak lisan
maupun tulisan.
|
Tes lisan/ tertulis
|
Uraian
|
Gawea sinopsis crita cerkak saka crita cerkak kang kowaca!
|
Menyunting sinopsis crita
cerkak karya teman.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Ijolna sinopsis cerkakmu marang kanace, banjur telitinen garapane
kancamu! Sawise koteliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran
saprelune!
|
Menyajikan
crita cerkak lisan maupun tulisan.
|
Tes praktik
|
Demonstrasi/ penampilan
|
Hal-hal positif apa kang bisa dijupuk
saka crita cerkak kang kowaca banjur njlentrehna ana ngarepe kelompokmu utawa ngarep
kelas!
|
Kunci
Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa
ragam krama) (Sumber : Buku Modul
Bahasa Jawa Kurikulum 2013, kapetik :
http//kateilmu.com2014)
1.
Crita Cerkak yaiku crita gancaran kang ngandhut prastawa kang ora dawa lan
ora akeh alur critane.
Ciri-ciri crita cerkak yaiku critane ringkes,
gegayutan karo lelakone manungsa, alur crita dumadi saka wiwitan, dredah,
ngrampungake perkara, ngemot pitutur, piweling, kritik, lan pasemon.
2.
Struktur crita cerkak yaiku :
· Tema (underan) :
gagasan penting sajroning crita
· Alur/plot :
yaiku lelakone para paraga wiwit lekas nganti pungkas
· Paraga :
yaiku nerangake watak wantune (karakter) para paraga
· Latar/setting :
ngrembug papan, wektu, lan swasana jroning carita
· Amanat :
yaiku piwelinge panganggit marang kang maca crita iku
3.
Unsur instrinsik crita cerkak “Sepisan lan Pungkasan”
· Tema (underan) : kekancan.
· Paraga lan watak paraga (lakon)
1.
Andri : sae, minder
2.
Olin : welas asih,
tresna, gemati
3.
Bu Neli : sae, amanah
· Alur : mundur
· Setting
1.
Panggonan : sekolahan, omahe Bu Neli, kantin
2.
Wektu : isuk, awan, sore
3.
Kahanan : sereng, tresna, treyuh
· Amanat (ancas) : kita kedah dados
tiyang ingkang sabar, ingkang welas asih, saha ingkang wicaksana, supados
gesang kita tansah bagya mulya.
· Sudut pandang (pamawas) : sudut pandang
wong ketelu
· Gaya bahasa : lugas (basa padinan)
4.
Tema kaliyan amanatipun tasih jumbuh wonten jaman sakmenika amargi maringi
pitutur ingkang sae supados dados tiyang ingkang sabar, tresna, lan wicaksana.
5.
(Siswa setuju marang amanat crita cerkak “Sepisan lan Pungkasan”), redaksi bahasa siswa).
6.
(Penilaian sikap dan tanggung jawab dalam menyunting pekerjaan teman).
7. (Penilaian pengetahuan hal-hal positif
cerkak “Sepisan lan Pungkasan”redaksi siswa).
Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.
Soal nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar
dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
2.
Soal nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar
dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
3.
Soal nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab benar
dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
4.
Soal nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
5.
Soal nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
6.
Soal nomor 6
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Pekerjaan siswa benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Pekerjaan siswa benar dan baik
|
B
|
3
|
Pekerjaan siswa benar
dan sedang
|
S
|
2
|
Pekerjaan siswa kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
7.
Soal nomor 7
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menyunting dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menyunting benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menyunting benar
dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menyunting kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
8.
Soal nomor 8
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menyanyikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menyanyikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menyanyikan dengan benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menyanyikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
4
|
Penilaian Proyek
No
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1
|
Isi
· Amat memahami; amat luas dan lengkap;
amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
· Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
· Memahami secara terbatas; kurang
lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
· Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
2
|
Organisasi
· Amat teratur dan rapi; amat jelas;
kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
· Teratur dan rapi; jelas; banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
· Kurang teratur dan rapi; kurang jelas; kurang gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang
tinggi.
· Tidak teratur; tidak
jelas; miskin gagasan; urutan
tidak logis; tidak ada kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
3
|
Kosakata dan Diksi
· Amat luas; penggunaan amat efektif;
amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
· Luas; penggunaan efektif; menguasai
pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
· Terbatas; kurang efektif; kurang
menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
· Seperti terjemahan; tidak memahami
pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
i.
|
4
|
Bahasa (Tata
Bahasa dan Struktur)
· Amat menguasai tata bahasa; amat
sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
· Penggunaan dan penyusunan kalimat
sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
· Kesulitan dalam penggunaan dan
penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
· Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan
kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
5
|
Penulisan (Ejaan
dan Tanda Baca)
· Amat
menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
· Menguasai kaidah penulisan kata dan
ejaan, dengan sedikit kesalahan.
· Kurang menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
· Tidak menguasai kaidah penulisan kata
dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
6
|
Kerapian
· Terbaca, bersih dan rapi.
· Terbaca, bersih,
tapi tidak rapi.
· Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
· Tidak terbaca, tidak bersih, dan
tidak rapi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
kurang
|
4
3
2
1
|
Boyolali, Maret 2015
Mengetahui
Kepala Guru mata pelajaran
Bisri Nuryadi
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK/MA Crita Cekak"