RPP SMA/SMK/MA Crita Cekak



Lanjutan RPP Crita Cekak

Bagian sebelumnya, Klik Di Sini



H.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
·         Penilaian antar teman
·         Penilaian jurnal
b.    Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.    Bentuk instrumen dan instrumen
3.    Pedoman penskoran

Rubrik Instrumen

Lembar Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran    : Bahasa Jawa
Kelas/Program    : X / MIA-IIS-IIB
Kompetensi        : Sikap
Materi               : Crita Cerkak

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Displ
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Aqila
4
4
3
4
3
3
21

2
Arifah























































































































Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

Peniaian Diri
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3













4













5













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.

Penilaian Antar Teman

Penilaian Jurnal

Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Memahami ciri-ciri crita cerkak lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian
Apa kang diarani crita cerkak lan Sebutna kepiye ciri-ciri crita cerkak kang kowaca!
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah crita cerkak lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Kepiye struktur isi crita cerkak kang kowaca?
Menganalisis  unsur-unsur crita cerkak lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tertulis
Uraian

Unsur instrinsik apa wae kang kotemokake ana ing crita cerkak kang kowaca? Njlentrehna!
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini tema dan amanat crita cerkak lisan maupun tulisan.

Tes lisan/ tulis

Uraian

Tema lan amanat apa kang kotemokake ing crita cerkak kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
Menginterpretasi  tema dan amanat crita cerkak lisan maupun  tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Apa sliramu/siswa setuju karo amanat kang kotemokake ing crita cerkak kang kowaca?
Memroduksi sinopsis crita cerkak lisan maupun tulisan.
Tes lisan/ tertulis
Uraian

Gawea sinopsis crita cerkak saka crita cerkak kang kowaca!
Menyunting sinopsis crita cerkak karya teman.

Tes tertulis
Uraian
Ijolna sinopsis cerkakmu marang kanace, banjur telitinen garapane kancamu! Sawise koteliti banjur balekna kanthi menehi pamrayoga/saran saprelune!
Menyajikan crita cerkak lisan maupun tulisan.
Tes praktik
Demonstrasi/ penampilan
Hal-hal positif apa kang bisa dijupuk saka crita cerkak kang kowaca banjur njlentrehna ana ngarepe kelompokmu utawa ngarep kelas!

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama) (Sumber : Buku Modul Bahasa Jawa Kurikulum 2013, kapetik : http//kateilmu.com2014)
1.     Crita Cerkak yaiku crita gancaran kang ngandhut prastawa kang ora dawa lan ora akeh alur critane.
Ciri-ciri crita cerkak yaiku critane ringkes, gegayutan karo lelakone manungsa, alur crita dumadi saka wiwitan, dredah, ngrampungake perkara, ngemot pitutur, piweling, kritik, lan pasemon.
2.     Struktur crita cerkak yaiku :
·      Tema (underan) : gagasan penting sajroning crita
·      Alur/plot : yaiku lelakone para paraga wiwit lekas nganti pungkas
·      Paraga : yaiku nerangake watak wantune (karakter) para paraga
·      Latar/setting : ngrembug papan, wektu, lan swasana jroning carita
·      Amanat : yaiku piwelinge panganggit marang kang maca crita iku
3.     Unsur instrinsik crita cerkak “Sepisan lan Pungkasan
·      Tema (underan) : kekancan.
·      Paraga lan watak paraga (lakon)
1.    Andri       : sae, minder
2.    Olin         : welas asih, tresna, gemati
3.    Bu Neli     : sae, amanah
·      Alur : mundur
·      Setting
1.     Panggonan : sekolahan, omahe Bu Neli, kantin
2.     Wektu       : isuk, awan, sore
3.     Kahanan : sereng, tresna, treyuh
·      Amanat (ancas) : kita kedah dados tiyang ingkang sabar, ingkang welas asih, saha ingkang wicaksana, supados gesang kita tansah bagya mulya.
·      Sudut pandang (pamawas) : sudut pandang wong ketelu
·      Gaya bahasa : lugas (basa padinan)
4.     Tema kaliyan amanatipun tasih jumbuh wonten jaman sakmenika amargi maringi pitutur ingkang sae supados dados tiyang ingkang sabar, tresna, lan wicaksana.
5.     (Siswa setuju marang amanat crita cerkak “Sepisan lan Pungkasan”), redaksi bahasa siswa).
6.     (Penilaian sikap dan tanggung jawab dalam menyunting pekerjaan teman).
7.     (Penilaian pengetahuan hal-hal positif cerkak “Sepisan lan Pungkasan”redaksi siswa).  

Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan
1.     Soal nomor 1
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

2.     Soal nomor 2
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

3.     Soal nomor 3
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar  dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

4.     Soal nomor 4
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

5.     Soal nomor 5
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa mendeskripsikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa mendeskripsikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa mendeskripsikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

6.     Soal nomor 6
Aspek
Tingkat
Skor
Pekerjaan siswa benar dan sangat baik
AB
4
Pekerjaan siswa benar dan baik
B
3
Pekerjaan siswa benar  dan sedang
S
2
Pekerjaan siswa kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

7.     Soal nomor 7
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menyunting dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menyunting benar dan baik
B
3
Siswa menyunting benar  dan sedang
S
2
Siswa menyunting kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

8.     Soal nomor 8
Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menyanyikan dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menyanyikan dengan benar dan baik
B
3
Siswa menyanyikan dengan benar  dan sedang
S
2
Siswa menyanyikan dengan kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4


Penilaian Proyek

No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1
Isi
·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
2
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
3
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1
i.                              
4
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang


4

3

2

1

5
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


4
3

2

1
6
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

4
3
2
1


                                                                                Boyolali, Maret 2015
 Mengetahui                                                                         
Kepala                                                                      Guru mata pelajaran



Bisri Nuryadi




Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP SMA/SMK/MA Crita Cekak"

Back To Top