RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Karya Nugraha boyolali
Kompetensi Keahlian : TKR/TSM/TBO
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XI/
Genap
Materi Pokok : Cerita Rakyat
Pertemuan
Ke :
4 dan 5
Alokasi waktu : 2
pertemuan x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3:
Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima, mensyukuri, menghayati,
dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Cerita Rakyat.
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Cerita Rakyat.
3.2
Menelaah
teks Cerita Rakyat.
4.2
Menanggapi
isi cerita rakyat dan menulis ringkasan, serta menyajikan cerita dengan
bahasa sendiri.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1 Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Cerita Rakyat.
Indikator:
1.1.1
Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Cerita Rakyat.
1.1.2
Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Cerita Rakyat.
1.1.3
Menghayati anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks
Cerita Rakyat.
1.1.4
Mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks
Cerita Rakyat.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Cerita Rakyat.
Indikator:
2.1.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Cerita Rakyat.
2.1.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Cerita Rakyat.
2.1.3
Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Cerita Rakyat.
2.1.4
Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Cerita Rakyat.
2.1.5
Santun dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Cerita Rakyat.
2.1.6
Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Cerita Rakyat.
3.1
Menelaah
teks Cerita Rakyat.
Indikator:
|
|
3.1.1
Mengidentifikasi
unsur pembangun cerita rakyat lisan maupun tulisan.
3.1.2
Menganalisis
pitutur luhur dalam cerita rakyat
lisan maupun tulisan.
3.1.3
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun tulisan.
4.1
Menanggapi
isi cerita rakyat dan menulis ringkasan, serta menyajikan cerita dengan
bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi unsur pembangun
dalam cerita rakyat
lisan maupun tulisan.
4.1.2 Memroduksi sinopsis
cerita rakyat melalui
tulisan.
4.1.3 Menyunting sinopsis karya
teman.
4.1.4 Menyajikan sinopsis lisan.
D.
Materi Pembelajaran
1. Pangertene
crita rakyat
Crita rakyat yaiku crita kang ngrembaka ing sawijining
dhaerah lan dianggep minangka asil karya kolektif (bebarengan) karo masyarakat
ing papan iku. Crita rakyat ing tanah Jawa iki akeh wewujudane, ing antarane
legendha, dongeng, mite lan sapanunggalane. Tuladhane : Andhe-andhe Lumut, Nyai
Rara Jonggrang, Bandung Bandawasa, lan sapitirute. Manfaat kang isa dijupuk
saka ngrungokake crita rakyat iku yaiku ana pengalaman kang becik saka nulat
para tokoh-tokohe.
Ing dhaerahmu mesthi uga ana cerita rakyat kang wis
kumandhang. Sejatine ancas utawa tujuwane crita rakyat iku ura mung kaya crita
sanyatane, nanging ana pesen kang sinandi ing sajrone crita. Tuladhane : ana
crita babagan wit gedhe kang angker lan wingit, wos surasae crita iku ora
walaka babagan wit kang angker, nanging kepiye carane para leluhur biyen ben
wit-wit gedhe kuwi ora ditegor sasenenge dhewe utawa diregeti sakepenake dhewe.
Upamane maneh ana crita yen liwat prapatan kudu ngebel sebab akeh arwah
gentayangan sing mapan ana kono. Iku mengku werdi ora kaya sanyatane ana dhemit
kang nglambrang, nanging welinge supaya ngati-ati yen liwat prapatan, lan
sapanunggalane.
Titikane cerita rakyat, kayata:
1. Anonym,
ora dingerteni sapa sejatine sing nganggit
2. Minangka
karya kolektif, dianggep duweke rakyat bareng-bareng
3. Nyritakake
bab ala lan bener kanggo tuladha
4. Nggambarake
kedadeyan-kedadeyan kang mokal anane (imajiner)
5. Statis,tetep,ora
anaowah-owahan sing wigati saka jaman menyang jaman.
2. Unsur
crita rakyat
Unsur-unsur kang kamot sajroning crita rakyat iku tokoh,
alur, setting, amanat/pesen. Ing wulangan iki para siswa bakal gladhen
mirengake crita rakyat kang tundhone isa nyritakake maneh marang kanca kanthi
basa padinane lan uga isa aweh tanggapan tumrap surasane crita. Upamane ngenani
watak tokohe. Mula kang saka iku coba setitekna gladhen ing ngisor iki kang
gegayutan karo crita rakyat.
3.
Tuladha crita rakyat
RAWA
PENING
Nuju
sawijining dina ana bocah laang cilik kang nduweni kasekten kasiku dening
penyihir sing duwe watek ala. Mulane bocah lanang kuwi nduweni lelara gudhig
lan awake mambu. Ora ana wong sing gelem kekancan kapara ora ana wong sing
gelem nyedhak merga ambune lan wedi
ketularan.
Bocah
mau banjur lelana saka panggonan siji menyang panggonan liyane. Sing digoleki
sapa ong sing bisa nambani lelarane mau. Nganti nuju sawijining dina dheweke
ngimpi yen bisa ketemu wong wedhok tuwa sing apik bebudene yakuwi sing bisa
nambani lelarane mau.
Bocah
mau jenenge Baru Klinting anggone lelana nganti tekan ereng-erenging gunung
Merbabu sisih lor. Wong-wong sing gegumuk ing ereng-ereng mau racake padha
sombong-sombong mula Baru Klinting ditundhung ora entuk manggon ing tlatah
kono. Sipate wong-wong kaya daksiya mau ndadekake Baru Klinting murina.
Baru
Klinting banjur nancepake sada lan patembaya sok sapa sing bisa ndudut sada mau
ndheweke trima lunga lan ora arep nganggu gawe maneh saka papan iku. Saweneh
ana versi crita sing nggambarake nuju Baru Klinting teka ing papan iku
wong-wong lagi pesta mangan iwak ula gedhe. Baru Klinting sing kaluwen njaluk
iwak mau nanging ora diwenehi. Ana mbok Randha sing trenyuh karo dheweke banjur
Baru Klinting diwenehi bageyan. Mbok Randha mau diweling supaya gawe lesung
mbok menawa ana kedadeyan sing nganeh-anehi.
Bener,
pranyata ora ana pawongan sing bisa ndudut sada mau. Baru Klinting kepeksa
nuruti para pawongan sing meksa dheweke. Sada mau kadudut mak brol metu banyune
nganti ora mandheg-mandheg kaya blumbang lan saya gedhe. Wong-wong mau
patingbilulung padha kentir. Sing slamet
saka kedadeyan mau mung Mbok Randha sing wis tau nulung Baru Klinting
kanthi numpak lesung. Papan sing ana banyune mau saiki katelah Rawa Pening.
Kapethik saka: https://jackoagun.multiply.com/journa/item/11/.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Isi
(kegiatan Inti)
|
Mengamati
·
membaca contoh teks Serat Wedhatama
pupuh Gambuh
Menanya
·
mempertanyakan unsurunsur pembangun Serat
Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·
menemukan
nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengasosiasi
·
menyunting
kesalahan
syair tembang Gambuh tulisan
teman
Mengkomunikasikan
·
menyajikan
secara lisan atau tulisan tembang Gambuh yang ditulis
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Bersama
siswa menyimpulkan unsur intrinsik cerita rakyat yang meliputi: tema, alur,
tokoh, watak, setting, sudut pandang, dan amanat
·
Bersama siswa menyimpulkan isi teks Cerita Rakyat.
|
20 menit
|
Pertemuan
Ke 5 (2 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Pocung
·
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya (unsur pembangun cerita rakyat)
·
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Tanya jawab
tentang kondisi anak muda berdasarkan nilai- nilai yang terkandung dalam teks Cerita Rakyat.
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengamati
·
mencermati
uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru
wilangan Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·
membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·
menulis
tembang Gambuh
Mengasosiasi
·
mendiskusikan
relevansi nilai-nilai yang terdapat pada Serat Wedhatama pupuh Gambuh
dengan kondisi masyarakat saat ini
Mengkomunikasikan
·
memberi
tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Tanya jawab mengenai nilai-nilai
yang terkandung di dalan cerita rakyat
·
Bersama
siswa merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan / rangkuman /
kesimpulan
|
20 menit
|
F.
Penilaian
1. Teknik Penilaian
A. Sikap : observasi, penilaian
diri, antar teman, jurnal
B. Pengetahuan : tertulis, tugas
C. Ketrampilan : praktek
2. Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian diri
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester
|
Penilaian antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5
peserta didik lainnya.
|
Jurnal
|
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan
peserta didik
|
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang
tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
|
Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
4 = jika
empat indikator terlihat.
3 = jika
tiga indikator terlihat.
2 = jika
dua indikator terlihat.
1 = jika
satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.
Tertib mengikuti instruksi
b.
Mengerjakan tugas tepat waktu
c.
Tidak melakukan kegiatan yang tidak
diminta
d.
Tidak membuat kondisi kelas menjadi
tidak kondusif
Jujur
a. Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b. Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
c. Tidak
menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d. Mencantumkan
sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b
Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul pemecahan masalah
d
Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a. Berinteraksi
dengan teman secara ramah
b. Berkomunikasi
dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c. Menggunakan
bahasa tubuh yang bersahabat
d. Berperilaku
sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari
keempat aspek sikap diatas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang :
apabila memperoleh nilai akhir 1
Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Memahami isi teks crita rakyat.
|
Memahami pengertian cerita rakyat
|
teks crita rakyat.
|
Siswa
dapat Memahami pengertian cerita rakyat
|
1
|
2
|
Memahami isi teks crita rakyat.
|
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerkak.
|
teks crita rakyat.
|
Siswa dapat Mengidentifikasi unsur intrinsik cerkak.
|
2
|
3
|
Memahami isi teks crita rakyat.
|
Menganalisis pitutur
luhur cerita rakyat lisan maupun
tulisan.
|
teks crita rakyat.
|
Siswa dapat Menganalisis pitutur
luhur cerita rakyat lisan maupun
tulisan.
|
3
|
4
|
Memahami isi teks crita rakyat.
|
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur cerita rakyat lisan
maupun tulisan.
|
teks crita rakyat.
|
Siswa
dapat Mengevaluasi relevansi dengan
masa kini pitutur
luhur cerita rakyat lisan maupun tulisan.
|
4
|
5
|
Memahami isi teks crita rakyat.
|
Menginterpretasi pitutur
luhur cerita rakyat lisan
maupun tulisan.
|
teks crita rakyat.
|
Siswa
dapat Menginterpretasi pitutur
luhur cerita rakyat lisan
maupun tulisan.
|
5
|
Tes
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan
menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.
Titikane
cerita rakyat, kayata:
a. Anonym, ora dingerteni sapa sejatine sing nganggit
b. Minangka karya kolektif, dianggep duweke rakyat bareng-bareng
c.
Nyritakake
bab ala lan bener kanggo tuladha
d. Nggambarake kedadeyan-kedadeyan kang mokal anane (imajiner)
e.
Statis,tetep,ora
anaowah-owahan sing wigati saka jaman menyang jaman.
2.
Paragane : Baru Klinthing, Mbok Randha, warga masarakat
3.
Pitutur luhur ing tembang crita rakyat : aja emba cindhe emban siladan,
adil
4.
Pitutur luhur ing crita rakyat isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
5.
(Siswa sarujuk marang
pitutur luhur ing crita rakyat,
redaksi bahasa siswa).
Norma
penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah
soal x skor benar x 2
5 + 10 x
2 = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.
Praktek Memahami isi teks crita
rakyat.
Rubrik Keterampilan Memahami isi teks crita rakyat meliputi; menyebutkan unsur
instrinsik crita dan kelancaran bercerita
No.
|
Nama
Siswa
|
unsur instrinsik
|
Kelancaran
bercerita
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
4
=
jika mampu menyebutkan unsur
instrinsik crita dengan gaya bercerita yang
lancar.
3
= jika mampu menyebutkan unsur instrinsik crita dengan gaya bercerita yang kurang lancar.
2 = jika mampu
menyebutkan unsur instrinsik crita dengan gaya bercerita lancar namun unsur intrinsik tidak tersampaikan semua.
1
= jika kurang mampu menyebutkan unsur
instrinsik crita dan
gaya bercerita kurang kurang lancar.
Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.
Jika
jumlah siswa yang tuntas < 60% maka
dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial
individual
b.
Siswa
dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan materi teks crita rakyat.
G.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
·
Powerpoint
2. Alat/bahan
·
LCD, laptop
·
Naskah cerita rakyat
·
majalah.
3.
Sumber Belajar
·
Sasangka, Sry
Satriya Wisnu. 2013. Paramasastra Gagrag
Anyar Basa Jawa Edisi Revisi Cetakan Ke-4. Jakarta: Yayasan Pasramalingua.
·
Widaryatmo, Gandung. 2014. Prigel Basa Jawa. Jakarta: Erlangga.
Boyolali, Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah
Guru Mapel Bahasa Jawa,
Sarbiyanto, S.Pd Bisri
Nuryadi, S.Pd
0 Komentar untuk "RPP bahasa Jawa Crita Rakyat SMA/SMK/MA"