RPP bahasa Jawa Crita Rakyat SMA/SMK/MA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                 : SMK Karya Nugraha boyolali
Kompetensi Keahlian        : TKR/TSM/TBO
Mata Pelajaran                    : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                    : XI/ Genap
Materi Pokok                       : Cerita Rakyat
Pertemuan Ke                      : 4 dan 5
Alokasi waktu                     : 2 pertemuan x 2 jam pelajaran


A.       Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
   1.2    Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
3.2    Menelaah teks  Cerita Rakyat.
4.2    Menanggapi isi cerita rakyat dan menulis ringkasan, serta menyajikan cerita dengan bahasa sendiri.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1     Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
Indikator:
1.1.1           Menerima anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
1.1.2           Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
1.1.3           Menghayati anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
1.1.4           Mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks  Cerita Rakyat.
2.1    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
Indikator:
2.1.1           Menunjukkan perilaku jujur dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
2.1.2           Disiplin dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
2.1.3           Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
2.1.4           Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
2.1.5           Santun dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
2.1.6           Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks  Cerita Rakyat.
3.1   Menelaah teks  Cerita Rakyat.
Indikator:

3.1.1           Mengidentifikasi unsur pembangun cerita rakyat lisan maupun tulisan.
3.1.2           Menganalisis pitutur luhur dalam cerita rakyat lisan maupun tulisan.
3.1.3           Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun tulisan.
4.1      Menanggapi isi cerita rakyat dan menulis ringkasan, serta menyajikan cerita dengan bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi unsur pembangun dalam cerita rakyat lisan maupun  tulisan.
4.1.2 Memroduksi  sinopsis cerita rakyat melalui tulisan.
4.1.3 Menyunting  sinopsis karya teman.
4.1.4 Menyajikan sinopsis lisan.

D.       Materi Pembelajaran
1.       Pangertene crita rakyat
Crita rakyat yaiku crita kang ngrembaka ing sawijining dhaerah lan dianggep minangka asil karya kolektif (bebarengan) karo masyarakat ing papan iku. Crita rakyat ing tanah Jawa iki akeh wewujudane, ing antarane legendha, dongeng, mite lan sapanunggalane. Tuladhane : Andhe-andhe Lumut, Nyai Rara Jonggrang, Bandung Bandawasa, lan sapitirute. Manfaat kang isa dijupuk saka ngrungokake crita rakyat iku yaiku ana pengalaman kang becik saka nulat para tokoh-tokohe.
Ing dhaerahmu mesthi uga ana cerita rakyat kang wis kumandhang. Sejatine ancas utawa tujuwane crita rakyat iku ura mung kaya crita sanyatane, nanging ana pesen kang sinandi ing sajrone crita. Tuladhane : ana crita babagan wit gedhe kang angker lan wingit, wos surasae crita iku ora walaka babagan wit kang angker, nanging kepiye carane para leluhur biyen ben wit-wit gedhe kuwi ora ditegor sasenenge dhewe utawa diregeti sakepenake dhewe. Upamane maneh ana crita yen liwat prapatan kudu ngebel sebab akeh arwah gentayangan sing mapan ana kono. Iku mengku werdi ora kaya sanyatane ana dhemit kang nglambrang, nanging welinge supaya ngati-ati yen liwat prapatan, lan sapanunggalane.
Titikane cerita rakyat, kayata:
1.       Anonym, ora dingerteni sapa sejatine sing nganggit
2.       Minangka karya kolektif, dianggep duweke rakyat bareng-bareng
3.       Nyritakake bab ala lan bener kanggo tuladha
4.       Nggambarake kedadeyan-kedadeyan kang mokal anane (imajiner)
5.       Statis,tetep,ora anaowah-owahan sing wigati saka jaman menyang jaman.

2.       Unsur crita rakyat
Unsur-unsur kang kamot sajroning crita rakyat iku tokoh, alur, setting, amanat/pesen. Ing wulangan iki para siswa bakal gladhen mirengake crita rakyat kang tundhone isa nyritakake maneh marang kanca kanthi basa padinane lan uga isa aweh tanggapan tumrap surasane crita. Upamane ngenani watak tokohe. Mula kang saka iku coba setitekna gladhen ing ngisor iki kang gegayutan karo crita rakyat.

3.       Tuladha crita rakyat
RAWA PENING
Nuju sawijining dina ana bocah laang cilik kang nduweni kasekten kasiku dening penyihir sing duwe watek ala. Mulane bocah lanang kuwi nduweni lelara gudhig lan awake mambu. Ora ana wong sing gelem kekancan kapara ora ana wong sing gelem nyedhak merga ambune lan wedi  ketularan.
Bocah mau banjur lelana saka panggonan siji menyang panggonan liyane. Sing digoleki sapa ong sing bisa nambani lelarane mau. Nganti nuju sawijining dina dheweke ngimpi yen bisa ketemu wong wedhok tuwa sing apik bebudene yakuwi sing bisa nambani lelarane mau.
Bocah mau jenenge Baru Klinting anggone lelana nganti tekan ereng-erenging gunung Merbabu sisih lor. Wong-wong sing gegumuk ing ereng-ereng mau racake padha sombong-sombong mula Baru Klinting ditundhung ora entuk manggon ing tlatah kono. Sipate wong-wong kaya daksiya mau ndadekake Baru Klinting murina.
Baru Klinting banjur nancepake sada lan patembaya sok sapa sing bisa ndudut sada mau ndheweke trima lunga lan ora arep nganggu gawe maneh saka papan iku. Saweneh ana versi crita sing nggambarake nuju Baru Klinting teka ing papan iku wong-wong lagi pesta mangan iwak ula gedhe. Baru Klinting sing kaluwen njaluk iwak mau nanging ora diwenehi. Ana mbok Randha sing trenyuh karo dheweke banjur Baru Klinting diwenehi bageyan. Mbok Randha mau diweling supaya gawe lesung mbok menawa ana kedadeyan sing nganeh-anehi.
Bener, pranyata ora ana pawongan sing bisa ndudut sada mau. Baru Klinting kepeksa nuruti para pawongan sing meksa dheweke. Sada mau kadudut mak brol metu banyune nganti ora mandheg-mandheg kaya blumbang lan saya gedhe. Wong-wong mau patingbilulung padha kentir. Sing slamet  saka kedadeyan mau mung Mbok Randha sing wis tau nulung Baru Klinting kanthi numpak lesung. Papan sing ana banyune mau saiki katelah Rawa Pening.


E.       Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Mengamati
·         membaca contoh teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·         mempertanyakan unsurunsur pembangun Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·         menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengasosiasi
·         menyunting kesalahan syair tembang Gambuh tulisan
teman
Mengkomunikasikan
·         menyajikan secara lisan atau tulisan tembang Gambuh yang ditulis
60 menit


Penutup
·         Bersama siswa menyimpulkan unsur intrinsik cerita rakyat yang meliputi: tema, alur, tokoh, watak, setting, sudut pandang, dan amanat
·         Bersama siswa menyimpulkan isi teks  Cerita Rakyat.
20 menit

Pertemuan Ke 5 (2 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan karasteristik tembang Pocung
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (unsur pembangun cerita rakyat)
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Tanya jawab tentang kondisi anak muda berdasarkan nilai- nilai yang terkandung dalam teks  Cerita Rakyat.
10 menit
kegiatan Inti
Mengamati
·         mencermati uraian yang berkaitan dengan guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Menanya
·         membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh
Mengumpulkan informasi
·         menulis tembang Gambuh
Mengasosiasi
·         mendiskusikan relevansi nilai-nilai yang terdapat pada Serat Wedhatama pupuh Gambuh dengan kondisi masyarakat saat ini
Mengkomunikasikan
·         memberi tanggapan isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh
60 menit
Penutup
·         Tanya jawab mengenai nilai-nilai yang terkandung di dalan cerita rakyat
·         Bersama siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan / rangkuman / kesimpulan
20 menit





F.       Penilaian


1.       Teknik Penilaian
A.      Sikap : observasi, penilaian diri, antar teman, jurnal
B.      Pengetahuan : tertulis, tugas
C.      Ketrampilan : praktek

2.       Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5 peserta didik lainnya.
Jurnal
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.

Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Siswa/ Kelompok
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















dst

















Keterangan:
4    =    jika empat indikator terlihat.
3    =    jika tiga indikator terlihat.
2    =    jika dua indikator terlihat.
1    =    jika satu indikator terlihat.

Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.   Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.       Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.       Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.       Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.       Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a        Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b        Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c         Mengajukan usul pemecahan masalah
d        Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.       Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.       Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.       Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.       Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap diatas.

Kategori nilai sikap:
Sangat baik      : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                   : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup               : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang              : apabila memperoleh nilai akhir 1

Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1
Memahami isi teks crita rakyat.
Memahami  pengertian cerita rakyat

teks crita rakyat.
Siswa dapat Memahami  pengertian cerita rakyat

1
2
Memahami isi teks crita rakyat.
Mengidentifikasi   unsur intrinsik cerkak.

teks crita rakyat.
Siswa dapat Mengidentifikasi   unsur intrinsik cerkak.

2
3
Memahami isi teks crita rakyat.
Menganalisis  pitutur luhur  cerita rakyat lisan maupun tulisan.
teks crita rakyat.
Siswa dapat Menganalisis  pitutur luhur  cerita rakyat lisan maupun tulisan.
3
4
Memahami isi teks crita rakyat.
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun tulisan.

teks crita rakyat.
Siswa dapat Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun tulisan.

4
5
Memahami isi teks crita rakyat.
Menginterpretasi  pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun  tulisan.

teks crita rakyat.
Siswa dapat Menginterpretasi  pitutur luhur cerita rakyat lisan maupun  tulisan.

5

Tes Penilaian Pengetahuan
  1. Sebutna titikane cerita rakyat!
  1. Sebutna sapa wae paraga ing cerita rakyat? Lan kepiye watake?
  1. Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing cerita rakyat kang kowaca?
  1. Pitutur luhur kang kotemokake ing cerita rakyat kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
  1. Apa sliramu/siswa setuju karo pitutur luhur kang kotemokake ing cerita kang kowaca?

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.         Titikane cerita rakyat, kayata:
a.       Anonym, ora dingerteni sapa sejatine sing nganggit
b.       Minangka karya kolektif, dianggep duweke rakyat bareng-bareng
c.        Nyritakake bab ala lan bener kanggo tuladha
d.       Nggambarake kedadeyan-kedadeyan kang mokal anane (imajiner)
e.        Statis,tetep,ora anaowah-owahan sing wigati saka jaman menyang jaman.
2.         Paragane : Baru Klinthing, Mbok Randha, warga masarakat
3.         Pitutur luhur ing tembang crita rakyat : aja emba cindhe emban siladan, adil
4.         Pitutur luhur ing crita rakyat isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
5.         (Siswa sarujuk marang pitutur luhur ing crita rakyat, redaksi bahasa siswa).

Norma penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah soal x skor benar x 2
5 + 10 x 2  = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.       Praktek Memahami isi teks crita rakyat.
                Rubrik Keterampilan Memahami isi teks crita rakyat meliputi; menyebutkan unsur instrinsik crita dan kelancaran bercerita
No.
Nama Siswa
unsur instrinsik
Kelancaran bercerita
1
2
3
4
1
2
3
4
1.









2.









dst










Keterangan :
4         = jika mampu menyebutkan unsur instrinsik crita dengan gaya bercerita yang  lancar.
3 = jika mampu menyebutkan unsur instrinsik crita dengan gaya bercerita yang kurang lancar.
2 = jika mampu menyebutkan unsur instrinsik crita dengan gaya bercerita lancar namun unsur intrinsik tidak tersampaikan semua.
1 = jika kurang mampu menyebutkan unsur instrinsik crita dan gaya bercerita kurang kurang lancar.

Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.       Jika jumlah siswa yang tuntas   < 60% maka dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial individual
b.       Siswa dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan materi teks crita rakyat.

G.       Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.       Media :
·       Powerpoint
2.       Alat/bahan
·       LCD, laptop
·       Naskah cerita rakyat
·       majalah.
3.     Sumber Belajar
·       Sasangka, Sry Satriya Wisnu. 2013. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa Edisi Revisi Cetakan Ke-4. Jakarta: Yayasan Pasramalingua.
·       Widaryatmo, Gandung. 2014. Prigel Basa Jawa. Jakarta: Erlangga.








Boyolali,  Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                                       Guru Mapel Bahasa Jawa,





Sarbiyanto, S.Pd                                                                                     Bisri Nuryadi, S.Pd




































































Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "RPP bahasa Jawa Crita Rakyat SMA/SMK/MA"

Back To Top