LANJUTAN RPP GAMBUH
BAGIAN SEBELUMNYA, KLIK DI SINI
BAGIAN SEBELUMNYA, KLIK DI SINI
F.
Penilaian, Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
A. Sikap : observasi, penilaian
diri, antar teman, jurnal
B. Pengetahuan : tertulis, tugas
C. Ketrampilan : praktek
2.
Instrumen
Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian diri
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester
|
Penilaian antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5
peserta didik lainnya.
|
Jurnal
|
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan
peserta didik
|
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang
tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
|
Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa/ Kelompok
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
dst
|
Keterangan:
4 = jika
empat indikator terlihat.
3 = jika
tiga indikator terlihat.
2 = jika
dua indikator terlihat.
1 = jika
satu indikator terlihat.
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.
Tertib mengikuti instruksi
b.
Mengerjakan tugas tepat waktu
c.
Tidak melakukan kegiatan yang tidak
diminta
d.
Tidak membuat kondisi kelas menjadi
tidak kondusif
Jujur
a. Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b. Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
c. Tidak
menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d. Mencantumkan
sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a
Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b
Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c
Mengajukan usul pemecahan masalah
d
Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a. Berinteraksi
dengan teman secara ramah
b. Berkomunikasi
dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c. Menggunakan
bahasa tubuh yang bersahabat
d. Berperilaku
sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari
keempat aspek sikap diatas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang :
apabila memperoleh nilai akhir 1
Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Memahami watak tembang
Gambuh lisan
maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menelaah teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
|
1
|
2
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang
Gambuh lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa
dapat Mengidentifikasi struktur dan
kaidah tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
2
|
3
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Menganalisis pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menganalisis pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
|
3
|
4
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang
Gambuh
lisan maupun tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang
Gambuh
lisan maupun tulisan.
|
4
|
5
|
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuhlisan maupun
tulisan.
|
Serat Wedhatama
pupuh Gambuh.
|
Siswa dapat Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuhlisan maupun
tulisan.
|
5
|
Tes
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan
menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.
Watake tembang Gambuh iku sumanak, sumadulur.
2.
Tembang Gambuh kadadean saka 5 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 7u, 10u, 12i, 8u, 8o
3.
Tembang iki
menehi pitutur, anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen
lumrahe piyayi sepuh tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur
marang anak putu, patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan
ora bot sisih. Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih
asuh marang sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning
kluwarga kang saya abot lan maneka warna. Pitutur luhur ing
tembang Gambuh isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
4.
Pitutur luhur ingkang wonten Tembang Gambuh tasih jumbuh menawi
dipuncakaken ing jaman samenika.
5.
(Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Gambuh, redaksi
bahasa siswa).
Norma
penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah
soal x skor benar x 2
5 + 10 x
2 = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.
Praktek tembang dalam teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
Rubrik Keterampilan tembang
dalam teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
No.
|
Nama
Siswa
|
Ketepatan
syair
|
Notasi
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
dst
|
Keterangan
:
4
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
3
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan notasi yang tepat.
2
= jika mampu menembangkan tembang gambuh
dengan Ketepatan syair yang tepat.
1
= jika kurang mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan
syair dan notasi dengan tepat.
Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.
Jika
jumlah siswa yang tuntas < 60% maka
dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial
individual
b. Siswa dengan nilai Sangat Baik,
dilaksanakan pengayaan materi teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
G.
Media/alat,
Bahan, dan sumber belajar
1. Media/alat
·
Internet
·
Teks naskah tembang
2. Bahan
·
LCD, Tape recorder, laptop
·
Teks tembang Gambuh
·
Buku, koran, majalah,
dan kliping tentang tembang
Gambuh, dll.
3. Sumber Belajar
·
Widaryatmo,
Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid 1. Jakarta: Erlangga
·
Sasangka,
Sry Satriya TW. 2011. Paramasastra
Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta:
·
Darminto,
dkk. 2010. Kamus Besar Bausastra
Jawa. Jakarta:
Kharisma
·
Sutardjo,
Imam. 2011. Tembang Jawa (Macapat). Solo:
Bukutujju
Boyolali, Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah
Guru Mapel Bahasa Jawa,
Sarbiyanto, S.Pd Bisri
Nuryadi, S.Pd
MATURNUWUN
0 Komentar untuk " Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan"