Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

LANJUTAN RPP GAMBUH

BAGIAN SEBELUMNYA, KLIK DI SINI


F.       Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

1.       Teknik Penilaian
      A.      Sikap : observasi, penilaian diri, antar teman, jurnal
      B.      Pengetahuan : tertulis, tugas
      C.      Ketrampilan : praktek
2.       Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5 peserta didik lainnya.
Jurnal
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.

Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Siswa/ Kelompok
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















dst

















Keterangan:
4    =    jika empat indikator terlihat.
3    =    jika tiga indikator terlihat.
2    =    jika dua indikator terlihat.
1    =    jika satu indikator terlihat.

Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.   Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
a.       Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.       Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.       Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.       Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
a        Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b        Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c         Mengajukan usul pemecahan masalah
d        Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
a.       Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.       Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.       Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.       Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap diatas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik      : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                   : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup               : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang              : apabila memperoleh nilai akhir 1

Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-Kisi Soal Penilaian Pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Memahami  watak tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1
2
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Gambuh lisan maupun tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Mengidentifikasi   struktur dan kaidah  tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
2
3
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Menganalisis  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menganalisis  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3
4
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Mengevaluasi relevansi  dengan  masa  kini  pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4
5
3.1 Menelaah teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Gambuhlisan maupun  tulisan.

Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Siswa dapat Menginterpretasi  pitutur luhur tembang Gambuhlisan maupun  tulisan.
5

Tes Penilaian Pengetahuan

  1. Sebutna kepiye watake tembang Gambuh!

  1. Kepiye guru gatra, guru wilangan, lan guru lagune tembang Gambuh?

  1. Pitutur luhur apa kang bisa kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca?

  1. Pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca apa isih jumbuh yen dicakake/ diterapake ing jaman saiki?
  1. Apa sliramu/siswa setuju karo pitutur luhur kang kotemokake ing tembang Gambuh kang kowaca?

Kunci Jawaban (kalau memungkinkan, jawaban siswa diusahakan menggunakan bahasa Jawa ragam krama):
1.         Watake tembang Gambuh iku sumanak, sumadulur.
2.         Tembang Gambuh kadadean saka 5 gatra.
Guru wilangan lan guru lagune: 7u, 10u, 12i, 8u, 8o
3.         Tembang iki menehi pitutur, anggenah-nggenahake utawa tansah menehi pangerten. Pancen lumrahe piyayi sepuh tansah isa njumbuhake panguripane lan seneng aweh pitutur marang anak putu, patrap lan pangucap isa nyawiji, panguripane ayem tentrem lan ora bot sisih. Makna sawijine sawise omah-omah kudu padha ngertine, asah asih asuh marang sawenehe kabutuhan, tanggung jawab lan perkara ing sajroning kluwarga kang saya abot lan maneka warna. Pitutur luhur ing tembang Gambuh isih cocog/jumbuh karo kahanan jaman saiki.
4.         Pitutur luhur ingkang wonten Tembang Gambuh tasih jumbuh menawi dipuncakaken ing jaman samenika.
5.         (Siswa setuju marang pitutur luhur ing tembang Gambuh, redaksi bahasa siswa).


Norma penilaian
Skor benar pada soal = 10
Jumlah soal x skor benar x 2
5 + 10 x 2  = 100
Instrumen Penilaian Ketrampilan
1.       Praktek tembang dalam teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
                Rubrik Keterampilan tembang dalam teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
No.
Nama Siswa
Ketepatan syair
Notasi
1
2
3
4
1
2
3
4
1.









2.









dst









Keterangan :
4 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
3 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan notasi yang tepat.
2 = jika mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair yang tepat.
1 = jika kurang mampu menembangkan tembang gambuh dengan Ketepatan syair dan notasi dengan tepat.
               

Pembelajaran remidial dan pengayaan
a.       Jika jumlah siswa yang tuntas   < 60% maka dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial individual
b.       Siswa dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan materi teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.

G.       Media/alat, Bahan, dan sumber belajar
      1.       Media/alat
·         Internet
·         Teks naskah tembang
      2.       Bahan
·         LCD, Tape recorder, laptop
·         Teks tembang Gambuh
·         Buku, koran, majalah, dan kliping tentang tembang Gambuh, dll.
      3.       Sumber Belajar
          ·         Widaryatmo, Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid 1. Jakarta: Erlangga
          ·         Sasangka, Sry Satriya TW. 2011. Paramasastra Gagrag Anyar Basa Jawa. Jakarta:     
          ·         Darminto, dkk. 2010. Kamus Besar Bausastra Jawa. Jakarta: Kharisma
          ·         Sutardjo, Imam. 2011. Tembang Jawa (Macapat). Solo: Bukutujju



Boyolali,   Desember 2014
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                                          Guru Mapel Bahasa Jawa,




Sarbiyanto, S.Pd                                                                         Bisri Nuryadi, S.Pd



MATURNUWUN

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk " Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan"

Back To Top