RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Karya Nugraha boyolali
Kompetensi Keahlian : TKR/TSM/TBO
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester : XI/
Gasal
Materi Pokok : Tembang Gambuh
Pertemuan
Ke :
1,2,3
Alokasi waktu : 3
pertemuan x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3:
Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1
Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
|
4.1
Menanggapi
isi Serat Wedhatama pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang
Gambuh dengan bahasa sendiri.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1 Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks Serat Wedhatama pupuh
Gambuh.
Indikator :
1.1.1 Menerima anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
1.1.3 Menghayati teks serat Wedhatama pupuh Gambuh
1.1.4 Mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa
Jawa dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator :
2.1.1
Menunjukkan perilaku
jujur dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.2
Disiplin dalam
menggunakan bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.3
Tanggungjawab dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.4
Peduli dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.5
Santun dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
2.1.6
Responsif dan proaktif dalam menggunakan bahasa Jawa
melalui teks Serat Wedhatama pupuh Gambuh.
3.1 Menelaah teks Serat
Wedhatama pupuh Gambuh.
Indikator:
|
3.1.1
Mengidentifikasi struktur dan kaidah tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
3.1.2
Menganalisis pitutur
luhur tembang
Gambuh lisan
maupun tulisan.
3.1.3 Mengevaluasi
relevansi dengan masa
kini pitutur luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1 Menanggapi isi Serat Wedhatama
pupuh Gambuh dan menulis, serta menyajikan syair tembang Gambuh dengan
bahasa sendiri.
Indikator:
4.1.1 Menginterpretasi pitutur
luhur tembang Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1.2 Memproduksi syair tembang
Gambuh lisan maupun tulisan.
4.1.3 Menyunting syair tembang
Gambuh karya teman.
4.1.4 Menyajikan tembang Gambuh lisan
maupun tulisan.
Untuk Melanjutkan, KLIK DI SINI
0 Komentar untuk "RPP Tembang Gambuh Kelas XI Semester Genap"